Ira Amita Nasution

Belajar mengenal diri sendiri dan orang lain,Belajar dari kesalahan,karena setiap manusia tidak ada yang sempurna.Maju terus pantang Mundur....

Selengkapnya
Navigasi Web
IMPLEMENTASI KONSEP PPK DI LEVEL SEKOLAH

IMPLEMENTASI KONSEP PPK DI LEVEL SEKOLAH

#TaGurHariKe-31

#Mengulang Ilmu dengan kembali menulisnya

#Membangun Generasi Emas 2045 yang dibekali Keterampilan Abad 21

IMPLEMENTASI KONSEP PPK DI LEVEL SEKOLAH

FOKUS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER akan mengarahkan kepada: Struktur Program, Struktur Kurikulum, dan struktur Kegiatan di antaranya :

PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELAS

§ Integrasi dalam mata pelajaran

§ Optimalisasi muatan lokal

§ Manajemen kelas

2. PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH

§ Pembiasaan nilai-nilai dalam keseharian sekolah

§ Keteladanan pendidik

§ Ekosistem sekolah

§ Norma, peraturan, dan tradisi sekolah

3. PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MASYARAKAT

§ Orang tua

§ Komite Sekolah

§ Dunia usaha

§ Akademisi, pegiat pendidikan

§ Pelaku Seni & Budaya, Bahasa & Sastra

§ Pemerintah & Pemda

HASIL yang akan di capai dari 3 aspek diatas akan menghasilkan :

§ Olah pikir : Individu yang memiliki keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat

§ Olah hati : Individu yang memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa

§ Olah rasa dan karsa : Individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan berkebudayaan

§ Olah raga : Individu yang sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara

#

Keterampilan abad 21 yang dibutuhkan setiap siswa

1. Kualitas Karakter

Bagaimana siswa beradaptasi pada lingkungan yang dinamis :

a. Religius

b. Nasionalis

c. Mandiri

d. Integritas

e. Gotong royong

f. Toleransi

g. Tanggungjawab

h. Kreatif

i. Peduli lingkungan

2. Literasi Dasar Bagaimana siswa menerapkan keterampilan dasar sehari-hari sebagai berikut :

a. 1. Literasi baca tulis

b. 2. Literasi berhitung

c. 3. Literasi sains

d. 4. Literasi teknologi informasi dan komunikasi

e. 5. Literasi finansial

f. 6. Literasi budaya dan kewarganegaraan

3. 3. Kompetensi

Bagaimana siswa memecahkan masalah kompleks yaitu dengan :

a. 1. Berpikir kritis

b. 2. Kreativitas

c. 3. Komunikasi

d. 4. Kolaborasi

Semoga bermanfaat, Mengulang ilmu dengan menuliskan nya lagi.

Tebing Tinggi, 31 Mei 2020

Ira Amita Nasution, S.Pd

Salam Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi

01 Jun
Balas

Bismillah smg kita bisa menjd pendidik yg membangun karekter anak didik

31 May
Balas



search

New Post